Minggu, 11 Oktober 2015

9 Tips Membuat Iklan Radio

Agar sebuah iklan pada radio dapat ngena dan efektif pada pendengar, maka 9 hal berikut layak anda coba..
  1. Usahakan mengemas pesan iklan dengan jelas dan sedapat mungkin, dalam hal ini, menciptakan copywriting yang tepat untuk iklannya. Copywriting adalah seni penulisan pesan penjualan yang paling persuasif dan kuat, yang dilatarbelakangi kewiraniagaan (salesmanship) melalui media cetak. - Frank Jefkins
  2.  Penulisan harus mampu menarik perhatian (attention), ketertarikan (interest), keinginan (desire), keyakinan (conviction), dan tindakan (action);
  3. Sebutkan target audience (TA) dengan jelas. Contoh TA ibu rumah tangga dengan iklan sabun pembersih noda baju, "ibu-ibu, kotoran membandel... bla bla bla,";
  4. Ciptakan theatre of mind sekuat mungkin. Ingat! Tugas penyiar radio ialah menuntun imajinasi pendengar;
  5. Ciptakan suara yang unik, jingle yang memorable untuk setiap iklan agar mudah diingat;
  6. Mengangkat lagu yang tren dengan mengubah liriknya sehingga bisa menjadi lebih menarik;
  7. Masukan nama produk dalam jingle sesesring mungkin, dengannya akan menambah kekuatan jual;
  8. Menambahkan elemen suara dari iklan televisi (imagery transfer) untuk membangkitkan imajinasi pendengar; dan
  9. Menggunakan telingan untuk menilai script iklan anda. Artinya disini anda akan membutuhkan oranglain untuk mengkoreksi script iklan yang telah anda buat. Darinya, anda akan tahu bagaimana cara pengucapannya, bagian mana yang ditambah atau dikurangi, dan intonasinya sebelum diputar di radio.
Radio - Ilustrasi foto oleh @enaliyuddin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar