Sabtu, 21 November 2015

Copywriting

Copywriting merupakan sebuah seni menulis-penulisan pesan penjualan yang paling persuasif (menjual) dan kuat. Pesan yang disampaikan dalam copywriting haruslah mampu menarik perhatian (attention), ketertarikan (interest), keinginan (desire), keyakinan (conviction) dan tindakan (action) dari para konsumen.
Frank Jefkins, kreatifitas dalam iklan meliputi:
  1. Kreatif untuk menarik perhatian;
  2. Kreatif untuk memenagkan perhatian khalayak;
  3. Kreatif untuk membangkitkan minat-tindakan membeli; dan
  4. Kreatif untuk pemilihan, pengguanaan media yang paling efektif (menarik konsumen).
Prinsip-prinsip Dasar
Prinsip dasar dari copywriting diantaranya:
  1. Copywriting mengarah pada kegiatan ber-iklan;
  2. Copywriting identik dengan kemampuan, menghasilkan tulisan/teks;
  3. Copywriting sangat penting dalam eksekusi sebuah iklan;
  4. Cpywriting harus memiliki makna yang dalam (secara harafiah maupun psiklogis);
  5. Memadukan gaya bahasa faktual dan imajinatif;
  6. Untuk mendekatkan aspek emosional antara produk dan penggunanya;
  7. Harus bertanggung jawab; dan
  8. Memperhatikan aspek kejujuran.

"Iklan yang baik adalah iklan yang menjual."
- David Ogilvy
David Ogilvy - Source http://wordly.com.au/wp-content/uploads/2014/09/David-Oglivy.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar