Komunikasi Massa
Definisi
Komunikasi
massa adalah esensi dari komunikasi yang menggunakan media, oleh
karenanya jenis komunikasi ini sifatnya akan berjalan satu arah (One Way Communication), memiliki umpan balik yang tertunda (Delayed Feedback) dan dengan komunikan yang anonim juga heterogen.
Menurut Effendy, komunikasi
massa adalah proses komunikasi yang dilakukan melalui media massa.
Seperti surat kabar, televisi, film, dan lain sebagainya. Komunikasi
massa dikatakan sebagai proses dikarenakan komunikasi massa itu sendiri terdiri dari beberapa elemen yang berbeda. Sedangkan menurut Bitner (1980), komunikasi massa ialah pesan-pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlahbesar orang.
Gerbner dalam Mass Communication An Introduction (1980)
mengatakan jika komunikasi massa ialah pesan yang secara teknologi dan
institusional diproduksi dan didistribusikan secara terus menerus pada
masyarakat industri.
De Fleur & Dennis (1985)
mengatakan bahwa komunikasi massa merupakan proses dimana komunikator
menggunakan media untuk menyebarkan pesan-pesan secara luas dan terus
menerus, menciptakan makna-makana yang diharapkan, serta dapat
mempengaruhi khalayak yang besar dan berbeda-beda dengan melalui
berbagai cara.
Komunikator
pada komunikasi massa adalah bagian yang menciptakan dan atau membuat
suatu pesan. Komunikator disini tidak akan mengenal komunikannya, ini
dikarenakan penyampaian pesan dari komunikator kepada komunikan
dilakukan melalui media sebagai perantaranya jadi tak ada kontak secara
langsung diantaranya.
Hiebert, Ungurait dan Bohn mengatakan bahwa terdapat beberapa karakteristik komunikator massa, yaitu:
- Daya Saing (Competitiveness);
- Ukuran dan Kompleksitas (Size & Complexity);
- Industrialisasi (Industrialization);
- Spesialisasi (Specification); dan
- Perwakilan (Representation).
Disisi lain, Ray Eldon Hiebert, dkk (1985) membagi karakteristik isi pesan komunikasi massa kedalam enam kategori, yaitu:
- Berita dan Informasi;
- Analisis dan Interpretasi;
- Pendidikan dan Sosialisasi;
- Hubungan Masyarakat dan Persusasi;
- Iklan dan Bentuk Penjualan; dan terakhir
- Hiburan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar