Senin, 23 Maret 2015

KARAKTERISTIK KOMUNIKASI MASSA KLASIK

  1. Ditujukan pada khalayak luas, tersebar, heterogen, anonim dan tidak mengenal batas geografis dan cultural;
  2. Bersifat umum, bukan perorangan (individu) maupun kelompok tertentu;
  3. Penyampaian pesan berjalan secara cepat dan dengan menjangkau khalayak yang luas dalam waktu yang relatif singkat (message multiplier);
  4. Penyampaian pesan berjalan satu arah (one way communication);
  5. Kegiatan komunikasi dilakukan dengan terencana, terjadwal dan terorganisir;
  6. Kegiatan komunikasi dilakukan secara berkala (berlanjut) dan bersifat temporer;
  7. Isi pesan dapat mencakup segala aspek kehidupan seperti sosial, ekonomi, politik, budaya, dan lainnya.
Elizabeth Noelle Neuman
Elizabeth Noelle Neuman (Rakhmat, 1983:92) menyebutkan terdapat empat pokok dalam komunikasi massa, yaitu:
  1. Komunikasi massa bersifat tidak langsung;
  2. Komunikasi massa bersifat satu arah;
  3. Komunikasi massa bersifat terbuka; dan
  4. Komunikasi massa memiliki publik/khalayak yang secara geografis tersebar.
Rodman (2006:8) dalam Mass Media In A Changing World menyebutkan bagaimana perbedaan komunikasi massa dengan komunikasi yang lain yaitu:
  1. Proses umpan balik berjalan lamban dan interaksi diantara komunikator dengan komunikan dibatasi;
  2. Komunikasi massa memiliki efek yang besar dan meluas;
  3. Proses encoding dan decoding dilakukan melalui beberapa tahapan (multistages) dengan kemungkinan adanya gangguan semantik, alam dan mekanis;
  4. Pesan yang disampaikan bersifat publik, mahal dan mudah terputus;
  5. Komunikan memiliki jumlah yang besar dan dapatmemilih pesan mana yang ingin ia akses.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar