KARAKTERISTIK KOMUNIKASI MASSA KLASIK
- Ditujukan pada khalayak luas, tersebar, heterogen, anonim dan tidak mengenal batas geografis dan cultural;
- Bersifat umum, bukan perorangan (individu) maupun kelompok tertentu;
- Penyampaian pesan berjalan secara cepat dan dengan menjangkau khalayak yang luas dalam waktu yang relatif singkat (message multiplier);
- Penyampaian pesan berjalan satu arah (one way communication);
- Kegiatan komunikasi dilakukan dengan terencana, terjadwal dan terorganisir;
- Kegiatan komunikasi dilakukan secara berkala (berlanjut) dan bersifat temporer;
- Isi pesan dapat mencakup segala aspek kehidupan seperti sosial, ekonomi, politik, budaya, dan lainnya.
 |
Elizabeth Noelle Neuman |
Elizabeth Noelle Neuman (Rakhmat, 1983:92) menyebutkan terdapat empat pokok dalam komunikasi massa, yaitu:
- Komunikasi massa bersifat tidak langsung;
- Komunikasi massa bersifat satu arah;
- Komunikasi massa bersifat terbuka; dan
- Komunikasi massa memiliki publik/khalayak yang secara geografis tersebar.
Rodman (2006:8) dalam Mass Media In A Changing World menyebutkan bagaimana perbedaan komunikasi massa dengan komunikasi yang lain yaitu:
- Proses umpan balik berjalan lamban dan interaksi diantara komunikator dengan komunikan dibatasi;
- Komunikasi massa memiliki efek yang besar dan meluas;
- Proses encoding dan decoding dilakukan melalui beberapa tahapan (multistages) dengan kemungkinan adanya gangguan semantik, alam dan mekanis;
- Pesan yang disampaikan bersifat publik, mahal dan mudah terputus;
- Komunikan memiliki jumlah yang besar dan dapatmemilih pesan mana yang ingin ia akses.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar